Aquamarine Khatulistiwa – Pantai Kolbano Nusa Tenggara Timur – Indonesia

Aquamarine Khatulistiwa – Pantai Kolbano Nusa Tenggara Timur

Toscana Samudera Indonesia

Toscana Samudera Indonesia

Kolbano, Sebuah nama yang belum tentu akrab di telinga kita jika dibandingkan dengan Kuta, Senggigi, Sanur, Anyer atau Parangtritis. Namun nama ini memiliki arti tersendiri bagi para penggemar pantai, juga para fotografer baik domestik maupun mancanegara. Pantai ini diburu karena nuansa Tosca-nya atau Biru Keputihan. Kita akan lupa berada di negeri sendiri bila berada disana. Ini dikarenakan pemandangan indah di pantai ini seakan-akan sebuah gambaran bersih suasana di Pasifik. Begitu bersih dan segarnya udaranya membuat siapa pun akan betah. Pantai Kolbano merupakan sebuah objek wisata pantai yang terletak di Desa Kolbano, Kabupaten SoE, Nusa Tenggara Timur. Sekitar 180 kilometer dari Kupang dan biasanya ditempuh selama 4-5 jam perjalanan.

bertebar batu halus

bertebar batu halus

Uniknya jika pantai lain dipuji karena hamparan lembut pasirnya, seperti pasir putihnya atau pasir pink-nya. Kolbano menawarkan pengalaman Spa Treatment khusus. Pantai ini terdiri dari hamparan bebatuan lembut dari sebesar ruas jari hingga sebesar kepalan tangan. Bebatuannya pun lembut dan beragam warna juga halus. Sehingga ada beberapa wisatawan meletakkan batu panas tersebut di punggung saat berjemur.

IMG_9629

Di tengah segala keunggulannya tersebut. Pantai Kolbano belum mendapatkan atensi yang cukup dari pemerintah daerah. Dikarenakan jalan penghubung ke lokasi tersebut ada beberapa titik yang setelah puluhan tahun masih belum dibenahi. Beberapa jembatan yang menghubungkan jalan menuju lokasi masih berupa jembatan kerangka besi beralaskan kayu. Ini menjadi rentan untuk mobil atau bis menuju lokasi, apalagi bila dipenuhi penumpang. Paku-paku yang mencuat seringkali menembus ban mobil. Bahkan pengalaman tersebut juga dialami oleh kami.

IMG_9661

Kolbano merupakan Aquamarine (Permata Biru) Di Khatulistiwa. Merupakan warisan Geografis dan wajib dilindungi serta dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Kemungkinan dengan memperbaiki akses jembatan dan penyediaan toilet serta hotel yang mungkin bias ditata apik dan sederhana namun bersih. Karena tidak sedikit arus wisatawan menuju ke pantai ini. Dan bahkan namanya sudah mahsyur hingga mancanegara. (Picis/02/14)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s